Tips Merawat Baju Batik Agar Tidak Mudah Luntur, dan Pudar Motifnya


Tips Merawat Baju Batik Agar Tidak Mudah Luntur, dan Pudar Motifnya

1.     Jangan Gunakan Mesin Cuci
Mesin cuci adalah salah satu alat bantu untuk mencuci, tapi bagaimana jika batik kita sering dicuci dengan menggunakan mesin cuci? Mesin cuci akan membuat serat-serat kain menjadi cepat rusak. Sebab, beberapa dari serat kain batik ada yang sangat tipis dan mudah rusak jika kita salah dalam mencuci, begitu juga dengan warnanya. Jadi, mencuci batik dengan tangan tentu akan menurunkan resiko russaknya warna dan serat kain batik.

2.     Pisah Batik Dengan Bahan yang lainnya
Biasanya bahan yang mudah luntur dari pakaian lain akan menjadi kendala dalam menjaga warna asli dari baju batik milik kita. Oleh sebab itu, lebih baik untuk memisahkannya terlebih dahulu sebelum mencuci pakaian. Hal itu dilakukan untuk menjga warna asli batiksupaya tetap bagus dan tidak tercampur dengan warna yang lain.

3.     Gunakan Bahan Alami
Dari jaman dahulu ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa digunakan untuk  membersihkan baju. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membersihkan  batik ialah lerak, biji lerak mengandung saponin, suatu akaloid beracun, saponin inilah yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan untuk mencuci dan juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih.

4.     Hindari Menggunakan Pelembut
Softener atau pelembut pakaian memang sering kita gunakan juga sebagai pewangi untuk baju. Namun disamping itu softener juga bisa membuat serat kain baju batik mudah rusak. Karena itu dianjurkan untuk tidak memakai softener saat mencuci baju batik anda.

5.     Rendam dengan air hangat
Mencuci baju batik dengan menggunakan air hangat ternyata terbukti ampuh, sebab air hangat membantu dalam melepaskan kotoran yang ada di serat kain.
6.     Jangan dijemur langsung dibawah sinar matahari
Baju batik yang masih basah tidak perlu diperas, dan untuk menjemurnya tidak perlu dijemur langsung di bawah sinar matahari. Cukup di jemur di tempat yang teduh atau diangin-anginkan sampai kering.

7.     Jangan Distrika
Saat baju batik sudah kering, dan terlihat kusut, jangan menyetrika baju batik secara langsung. Semprotkan sedikit air diatas kain batik lalu beri lapisan selembar kain diatasnya, baru disetrika.